Bicara Tentang HATI

di pagi hari tulisan ini saya buat, terfikir untuk membahas ttg hati…. karna trlalu unik untuk saya bahas, berbagai rasa bisa di timbulkan di hati, ok…
Yaapp hati?? deefinisinya adalah organ yg berada di sebelah kanan bagian yang masuk ke dalam regio abdomen kuadran kanan atas, ohh noo…. bukan waktunya membahas ttg duniaku, keautisanku… hehee…. jadi hati itu adalah klo dalam hadist sich di bilang begini :

Ketahuilah bahwa dalam jasad ada segumpal daging, jika ia baik maka seluruh jasad menjadi baik, tetapi jika ia rusak maka seluruh jasad akan menjadi rusak, ketahuilah segumpal daging itu adalah hati”. (HR. Bukhari Muslim)

makin penasaran kan, cuma segumpal daging yg pengaruhnya tuh besar bgt, hehee… klo baik semuanya baik, klo jelek semuanya jelek, ada lagii nich ayat quran yg bilang :

“Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada” (22:46)

inget kan pas training ESQ, ayat ini sering dimunculkan, tapii, di sini hati kok di dalam dada, tp klo dlm bhs kedokteran hati berasa di rongga abdomen (red : perut), hayoo loh tambah bingung kan, hmm….

saya mencoba untuk berkesimpulan yg ada di sini antra hadist dan alqurannya :
bismillahirrahmanirrahim, yg salah datangnya dari saya, dan kebenaran dtngnyad ari ALLAH, yuuk mikir dikit…

disini saya melihat satu kesamaan, yaitu hati itu ada dalam dada, tetapi hati yang dimaksud dalam kutipan – kutipan tersebut adalah bukan wujud fisiknya, tapi “rasa” atau ruhaninya.

1. dari kutipan hadits menjaga hati itu, jelas yang dimaksud bukan fisik hati, karena secara fisik liver bisa di transplant, dan liver yang ditransplat tidak pernah dipindah diluar akan tetap di rongga dada, namun hati yang dimaksud adalah hati ruhani (rasa), yang tetap adanya meski liver nya diganti (red : transplantasi)

2. surah al-Hajj ayat 46 juga menggambarkan hal yang sama, hati itu ada didalam dada, tapi hati yang ini dia bisa buta, yaitu hati ruhani (rasa) yang “berpenyakit” tidak ada iman.

Hati mempunyai fungsi untuk merasa (pusat dari emosi)
Al-Quran selalu mengaitkan dengan hati untuk sesuatu yang berkaitan dengan perasaan, emosi atau iman.
– hati bisa terkena penyakit (Al-Baqarah:10)
– hati bisa tertutup
– hati bisa bersedih
– dan lain-lain..

AL-Baqarah ayat 10 juga sama, meskipun Allah SWT menambahkan penyakit di dalam hatinya, orang yang telah “berpenyakit” tersebut tidak langsung mati, karena yang sakit bukan liver fisiknya tapi hati ruhani/nurani/rasa nya…

hmm…. bner ga yaa… hehee… wawlohu’alam deh, karena saya suka berfikir hati itu unik sekali, bs merasakan apa ajah yg kita rasa, trkdng hari ini rasanya baik kemudian 1 jam kemudian bisa sedih, hehehe…. hal yg paling unik adah hati mnurutku….

lagi2, Nikmat TUHAN mana yg kamu dustakan???? ^^,

1 Komentar (+add yours?)

  1. ovic
    Sep 16, 2010 @ 10:39:39

    Hati itu Merah,, tapi ada yg bilang pink,, tp ada yg bila lunak,,, tp ada yg bilang rapuh,,,
    waakkwakkk…. pisss

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

langgananQuw ^^

  • Tak ada

Isi dalam Cintaku^^

%d blogger menyukai ini: